The Legendary Tuner : RAUH-Welt BEGRIFF



Dalam rangka mengerjakan tugas kuliah, kali ini saya akan membahas mengenai RAUH-Welt Begriff (RWB). Mungkin bagi kalian para car enthusiast kata tersebut tidak lah asing, terlebih lagi belum lama ini Indonesia kembali dihadirkan satu unit Porsche dengan bergaya RWB, yakni Porsche dengan model 911 Targa (993) yang merupakan mobil dari sang pemilik salah satu distributor A Bathing Ape (BAPE), Rebellion Official Club. Namun pada post kali ini kita tidak akan membahas mengenai Porsche RWB yang ke-8 di Indonesia itu, melainkan adalah brand dari RWB itu sendiri. Nah, bagi kalian yang sudah penasaran, langsung saja kita bahas.


Sebelum masuk ke bagian intinya, saya akan bahas dulu mengenai sejarah singkat dari RWB ini. Bagi kalian yang belum tahu, sebenarnya RWB itu berkaitan dengan dunia drifting lho. Bermula dari Rough World yaitu geng mobil drift di Ibaraki, Jepang yang terdapat pada era ’80-90-an. Dimana para anggotanya kebanyakan menggunakan mobil Toyota AE 86 dan Mark II dengan gaya modifikasi yang ceper, fender yang diperlebar, velg yang lebar atau deep dish serta ban yang tebal. Gaya modifikasi seperti ini masih kita sering jumpai terutama dikalangan drifter, yang dikenal dengan istilah Rough Style. Geng itu sendiri diketuai oleh Akira Nakai atau biasa dikenal dengan Nakai-san. Ya, Nakai-san adalah orang yang mencetuskan RWB.


Pada tahun 90-an dimana Nakai-san mulai tertarik dengan Porsche. Hal itu dimulai ketika ia sedang bekerja dalam bengkel bodyshop dan melihat sebuah mobil Porsche 911 yang sedang rusak milik salah satu koleganya. Dimulai dari sinilah ia tertarik pada mobil buatan Jerman tersebut. Hingga pada akhirnya, Nakai-san membeli Porsche dengan model 930 tahun 1985 sebagai Porsche pertamanya saat ia diusia 28 tahun. Mobil itulah yang digunakan oleh Nakai-san untuk dimodifikasi oleh dirinya sendiri. Butuh waktu hingga 12 tahun untuk membangun Porsche 930 miliknya, pembangunan itu meliputi penambahan fender yang lebar, wing yang besar, velg yang lebar, dan cat mobil berwarna matte black dengan aksen berwarna emas. Dari hasil modifikasi itulah Nakai-san menghasilkan RAUH-Welt Begriff pertama yang bernama Stella Artois, merk bir favorit Nakai-san. Setelah proses modifikasi itu selesai, Stella Artois pun mendapat banyak respon positif. Dari hal itulah Nakai-san memutuskan untuk mendirikan sebuah bengkel kecil di daerah Chiba, Tokyo, Jepang yang bernama RAUH-Welt Begriff (RWB). Dimana pada bengkel tersebut memiliki fokus untuk memodifikasi Porsche yang masih menggunakan pendingin udara.


Lantas bagaimana RWB bisa sebesar seperti sekarang ini, selain bentuknya yang terlihat unik dan berkelas dan story dari RWB itu sendiri. Yang menjadi faktor utama adalah tahap pemasaran produknya. RWB memiliki motto “One Car Built for One Individual”, dimana setiap pelanggan akan diwawancarai oleh Nakai-san mengenai mobil yang akan dimodifikasi, hal itu bertujuan untuk menyesuaikan dengan selera sang pelanggan. Setelah sepakat mengenai desain yang diinginkan, Nakai-san akan membuat set body kitnya dan mengirimkannya ke negara tujuan. Tidak sampai disitu, Nakai-san kemudian akan pergi ke tempat konsumen dan memasangkan body kit yang telah dipesan. Ya, Nakai-san sendiri yang akan memasangkan body kit ke mobil para pelanggannya sehingga pelanggan dapat melihat langsung bagaimana sang maestro memodifikasi mobil miliknya.


Nah, setelah mengetahui gimana sejarah singkat dari RWB mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya, berapa sih harga set body kit RWB itu? Disini akan saya jelaskan secara singkat paket body kit ala RWB. Style dari body kit RWB itu sendiri terdari dari beberapa jenis modifikasi, diantaranya wide race, wide street, wide body, dan narro style. Untuk paket utama itu sendiri terdiri dari bodykit, wing, dan velg. Dimulai dari sektor body, bodykit itu sendiri berharga sekitar Rp. 370 juta, dimana terdiri dari bumper depan, bumper belakang, side rockers, fender depan, fender belakang, dan beberapa part pelengkap. Untuk sektor Wing, pelanggan bisa memilih antara model GT-2 atau 3.8 yang berharga sekitar Rp. 18 jtua, atau model ducktail yang berharga sekitar Rp.10 juta. Untuk sektor velg biasanya disediakan velg dengan merk Work atau SSR yang memiliki spek 18” dengan lebar 10,5, 12, atau 13 yang satu setnya berharga sekitar Rp. 82 juta. Untuk paket tambahan ada beberapa pilihan suspensi dan champion wing, dimana suspensi menggunakan merk KW atau Aragosta System yang berharga sekitar Rp. 134 juta dan Champion wing berharga Rp. 18 juta. Sedangkan untuk Paket tambahan spesial, pelanggan akan mendapatkan champion wing, kamiwaza yang berharga sekitar Rp. 24 juta, fender wing yang berharga sekitar Rp.18 juta, rotana style extended long carnards yang berharga sekitar Rp.12 juta, dan sticker lettering RWB di bagasi yang berharga sekitar Rp. 9 juta. Dari list harga diatas bisa disimpulkan, harga paket utama yang terdiri dari bodykit, wing, dan velg berharga sekitar Rp. 470 juta. Apabila ditambah suspensi maka akan berharga sekitar Rp. 522 juta. Bila menggunakan tambahan paket spesial seperti fender wing, long carnards, dan sticker maka akan berharga sekitar Rp. 591 juta.


Terus gimana cara kita sebagai pelanggan kalo mau memesan? Pertama, tentunya kita harus menentukan bagaimana style RWB yang kita inginkan. Apabila sudah menentukannya kita dapat menghubungi sang owner Akira Nakai melalui situs resminya di sini. Kemudian kita akan berdiskusi mengenai gaya modifikasi yang diinginkan. Setelah kedua belah pihak setuju, kita harus mentransfer pembayaran pada rekening RWB yang berdomisili di Jepang. Nakai-san kemudan akan membuatkan paket bodykit yang dipesan. Dimana biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa sampai satu tahun tergantung banyaknya antrian. Apabila paket bodykit telah selesai dibuat, selanjutnya paket akan dikirimkan ke tempat kita dari jepang. Pengiriman itu sendiri bisa berjalan antara 1-2 bulan, dan disela-sela waktu pengiriman Nakai-san akan memberitahu tanggal pengerjaan untuk mobil kita. Perlu diperhatikan, paket bodykit yang sudah diterima harus disiapkan sebelum tanggal proses pemasangan, hal itu meliputi pengecatan bodykit. Tahap terakhir, Nakai-san akan datang ketempat kita dimana ia akan memasangkan produknya kepada mobil kita.
 Itu dia pembahasan mengenai salah satu brand yang legendaris RAUH-Welt Begriff. Sekian dari saya, terima kasih telah membaca di blog ini, bye!

Comments

Popular posts from this blog

Book Review : Akiyoshi Rikako

The Iconic JDM : Mazda RX-7

ITIL (Information Technology Infrastructure Library)