PEMBUATAN ANIMASI 3D "SERANGAN ZOMBIE"
Novita Leony
Amelia 15115143
Nadhifa Azzahra 14115905
Raka
Wibawa Putra 15115610
Reza Vahlevi 15115848
Ridho Anugerah 15115924
Rillo Bagaskoro 16115000
Rizqi
Syarafi 16115213
Septian Perdana
Putra 16115483
Tifani Aprilia 16115894
Tizzani Assadia Salsabilla
16115919
Universitas Gunadarma
3KA04
Abstrak
Animasi adalah film dari hasil pengolahan gambar tangan sehingga
menjadi gambar yang bergerak. Tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah film
berjudul Serangan Zombie. Animasi ini menggunakan objek 3 dimensi. Animasi
Serangan Zombie dapat disaksikan oleh semua kalangan dan diharapkan menjadi
sarana hiburan bagi yang menyaksikannya.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Animasi merupakan
salah satu hiburan yang dapat dikonsumsi untuk semua kalangan, mulai dari anak
– anak hingga orang. Animasi adalah film dari hasil pengolahan gambar tangan
sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dalam perkembangannya, animasi dapat
dengan mudah untuk disaksikan, dapat melalui siaran televisi, media sosial
hingga bioskop kini sudah menayangkan film berupa animasi, baik 2 dimensi mau
pun 3 dimensi. Animasi dapat berdampak positif jika terdapat pesan moral di
dalamnya.
Animasi yang
disaksikan saat ini sudah beragam jenis tema yang diangkat, mulai dari
petualangan hingga tema horror pun sudah dapat disaksikan berkat kemudahan
akses teknologi saat ini. Dalam pembahasan kali ini, akan dibuat sebuah animasi
3 dimensi yang berjudul “Serangan Zombie”
yang menceritakan tentang penyerangan zombie
di sebuah kota bawah tanah. Diharapkan animasi ini dapat memberikan hiburan
bagi semua kalangan yang menyaksikannya.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, rumusan masalah yang didapat adalah
bagaimana teknik pembuatan Animasi “Serangan Zombie”.
1.3
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membuat film Animasi Serangan
Zombie. Film animasi ini diharapkan dapat menjadi sarana hiburan bagi
masyarakat umum.
1.4 Manfaat
Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat antara lain :
1. Mengembangkan
keterampilan dalam hal pembuatan alur cerita mau pun pembuatan film
2. Diharapkan film
Animasi Serangan Zombie dapat memberikan
hiburan yang bersifat menyenangkan.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Aplikasi
Pembuatan Animasi
Animasi 3D “Serangan Zombie” dibuat dengan menggunakan aplikasi
yang akan dijelaskan pada sub bab berikut :
2.1.1
Unreal Engine 4
The Unreal
Engine adalah sebuah game engine yang dikembangkan oleh Epic Games,
pertama kali dipamerkan pada tahun 1998 first-person shooter permainan Nyata. Meskipun terutama dikembangkan
untuk first-person shooters, telah berhasil digunakan dalam berbagai genre
lainnya, termasuk siluman, Mmorpg, dan lain Rpg. Dengan kode yang ditulis dalam C++,
Unreal Engine memiliki tingkat tinggi portabilitas dan alat yang digunakan oleh
banyak pengembang game hari ini.
Pada tanggal
17 agustus 2005, Mark Rein, wakil presiden Epic Games, mengungkapkan bahwa
Unreal Engine 4 sudah dalam pengembangan sejak tahun 2003. Sampai
pertengahan 2008, pengembangan eksklusif dilakukan oleh Tim Sweeney, CEO dan
pendiri Epic Games. mesin menargetkan generasi kedelapan konsol, Pc dan
Tegra K1berbasis perangkat yang menjalankan Android yang diumumkan pada bulan
januari 2014 di CES.
Pada bulan
februari 2012, Mark Rein mengatakan "orang-orang akan terkejut akhir tahun
ini ketika mereka melihat Unreal Engine 4". Unreal Engine 4
diresmikan terbatas peserta di 2012 Game Developers Conference, dan video
dari mesin yang ditunjukkan oleh artis teknis Alan "Jimat" Willard
dirilis ke publik pada tanggal 7 juni 2012 melalui GameTrailers TV. demo
Ini diciptakan pada PC dengan triple GeForce GTX 580 (tri SLI) dan dapat
dijalankan pada PC dengan GeForce GTX 680.
2.1.2 Radeon Relive
Radeon ReLive merupakan driver yang memiliki fitur
yang memungkinkan Anda untuk merekam game favorite maupun aplikasi desktop yang
sedang digunakan, adapun beberapa fitur unggulan lainnya yang ada pada Radeon
ReLive ini adalah :
1. Recording : Rekam berbagai aktivitas bermain game serta pekerjaan yang
Anda lakukan dengan hasil yang terbaik! Fitur ini sudah dioptimalkan khusus
untuk kartu grafis Radeon dan Processor AMD APU sehingga tidak mengganggu
performa bermain game atau pekerjaan Anda5.
2. Streaming : Jadikan kualitas streaming video Anda lebih tinggi dengan
dukungan terhadap resolusi QHD / WQHD (2560×1440) secara langsung ke situs
ternama seperti Youtube dan Twitch.
3. Overlay : Bagi Anda yang tak hanya ingin sekedar merekam aktifitas
bermain game Anda fitur ini bisa hadirkan informasi tambahan di dalam video
yang Anda buat, seperti spesifikasi PC Desktop/Laptop yang digunakan, Camera
hingga menampilkan logo di dalam video seperti logo website pun bisa dilakukan.
4. HotKey dan APP In Toolbar : Untuk memudahkan dalam penggunaan, ReLive telah dilengkapi
dengan kombinasi Shorcut tertentu seperti Ctrl+Shift+R untuk merekam
aktifitas game serta bagi yang belum terbiasa dengan kombinasi banyak shortcut,
dibekali juga Toolbar khusus yang bisa diaktifkan saat bermain game
untuk memudahkan dalam merekam game favorit.
2.1.3
Movavi Video Editor 14 Plus
Movavi Video Editor 14.4.1 Full
adalah sebuah software yang dapat anda gunakan untuk mengedit video yang anda
punya dengan berbagai efek menarik yang sudah disediakan. Anda dapat dengan
mudah mengubah video biasa menjadi video yang luar biasa dengan penambahan efek
yang sesuai pada video anda tersebut. Dengan menggunakan program Movavi Video Editor Full ini,
anda juga dapat dengan mudah memotong bagian video klip yang anda inginkan
untuk kemudian digabungkan ke bagian lainnya tanpa kehilangan kualitas dari
video itu sendiri.
Selain beberapa fitur di
atas, Movavi Video Editor Full juga
dapat anda gunakan untuk menambahkan teks atau musik pada video anda agar
tampak lebih hidup dan menyenangkan. Tampilan antarmuka program Movavi Video Editor Full ini
juga cukup simpel dan sederhana, sehingga memudahkan anda untuk memahami semua
fungsi yang ada di dalam program Movavi Video Editor Full ini.
2.1.4
ZBrush
Zbrush adalah
sebuah alat pahat digital (digital sculpting) yang memadukan
modeling 3D/2.5D, texturing, dan painting. ZBrush
menggunakan teknologi “pixol” yang menyimpan pencahayaan, warna, material, dan
informasi menyeluruh dari seluruh objek pada layar. Perbedaan utama antara
ZBrush dengan paket modeling terdahulu terletak pada fungsi sculpting.
ZBrush digunakan sebagai
alat sculpting digital untuk menciptakan model dengan resolusi tinggi
(hingga jutaan polygon dan secara teori, tidak terbatas) yang digunakan pada
film, game, dan animasi. Zbrush menggunakan tingkat resolusi dinamis sehingga
pengguna dapat melakukan perubahan secara global atau lokal pada model yang
sedang dibuat. ZBrush dikenal mampu untuk melakukan sculpt mulai
dari detail tingkat medium sampai tingkat tinggi yang sebelumnya hanya dilukis
dalam peta timbul.
2.1.5 Maya 3D
Maya 3D adalah software 3D modeling maupun animasi,
khususnya karakter modeling dan animasi. Perangkat lunak grafik komputer 3D
dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada
tahun 2006). Maya digunakan dalam industry film animasi atau kartun dan juga
untuk permainan video komputer. kelebihan dari program ini adalah proses
pembuatan animasi yang relative lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
Oleh karena itu, Maya 3D memang lebih banyak digunakan untuk membuat karakter
modeling dan animasinya.
2.1.6 Cinema 4D
Cinema 4D atau biasa di singkat C4D
merupakan software 3D animasi dan motion graphic buatan Maxon. Maxon
sendiri adalah perusahaan software yang berkedudukan di Jerman. Seperti
halnya dengan software 3D lainnya, tentunya C4D bisa menangani semua pembuatan
seperti modeling,lighting, animation, texturing, rendering dan
lainnya.
Cinema
4D adalah pengembangan pemodelan dari 3D, dimana animasi dan aplikasi render
yang di kembangkan oleh Maxon Komputer GmbH di Jerman. Hal ini mampu merubah
prosedur dan polygonal atau sub modelingnya, yang mana 4D ini memliki prosedur
dan polygonal/ sub modeling, menjiwai,penchayaan,tekstur,pembuatan, dan
fitur-fitur umum ditemukan dalam apliasi 3D modeling.
Empat
varian saat ini yang tersedia dari Maxon adalah : aplikasi ini CINEMA 4D
‘Prime’, versi ‘Broadcast’ dengan fitur motion grafis tambahan,’Visualisasi’
yang menambahkan fungsi untuk desain arsitektur dan ‘Studio’, yang mencakup
semua modul.
Pada
tahun 2014 rilis varian 5, ‘Lite’. Yang di kemas dengan Adobe After Effects
Creative Cloud 2014, dan bertindak sebagai versi pengantar, dengan banyak fitur
yang dipotong. Ini adalah bagian dari kemitaraan baru antara dua perusahaan
baru,, Maxon di produksi plug-in yang di sebut C1NEWARE, memungkinkan setiap
varian untuk membuat alur kerja yang mulus dengan After Effects. Varian ‘Lite’
tergantung pada After Effect CC, yang membutuhkan aplikasi berjalan yang
terakhir untuk dimulai, dan hanya di jual sebagai komponen paket disertakan
dengan AE CC 2014 melalui Adobe.
Awalnya,
CINEMA 4D dikembangkan untuk computer Amiga di awal 1990-an, dan tiga vesi
pertama dari program yang tersedia secara eksklusif untuk platform tersebut.
Dengan v4, bagaimanapun, Maxon mulai mengembangkan program untuk computer
Windows dan Macintosh juga, mengutip keinginan untuk menjangkau khalayak yang
lebih luas dan ketidakstabilan pertumbuhan pasar Amiga berikut kebangkrutan
Commodore.
Sampai
rilis 11,5, Cinema 4D memiliki pendekatan modular untuk aplikasi, dengan
kemampuan untuk memperluas aplikasi inti dengan berbagai modul. Ini berakhir
dengan Realease 12, meskipun fungsi modul ini tetap dala, berbagai rasa dari
Cinema 4D (Perdana, Broadcast, Visualisasi,Studio) Modul tua adalah :
1. Adbanced
Render : Iluminasi global/HDRI, caustic, oklusi ambient dan simulasi
langit.
2. BodyPaint
3D : Lukisan langsung pada UVW Meshes; Sekarang termasuk dalam inti-intinya
Cinema 4D, inti/Prime dan produk BodyPaint 3D identik satu-satunya perbedaan
antara keduanya adalah splash screen dan atar muka pengguna default.
3.
Dynamics
: Untuk simulasi tubuh lembut dan dinamika benda dynamics.
4.
Hair
: Mensumulaskan Hair,fur,grass, dan lain-lain.
5.
Mocca
: Karakter animasi dan simulasi kain.
6.
MoGraph
: Motion Graphics pemodelan procedural dan animasi toolset.
7. NET
Render : Untuk membuat animasi memlalui jaringan TCP / IP di render peternakan.
8.
PyroCluster
: modul menjadi terintegrasi dalam modul lanjutan render.
9.
Sketch
& Toon : Alat untuk cel shading kartun dan gambar teknis.
10. Thinking Particles : Disempurnakan
system partikel berdasarkan inti.
11. Xpresso : Tidak dan tidak pernah
modul, itu adalah fungsi nti.
Sebagai
Release 13, Cinema 4D datang dalam empat Komponen :
1. Prime : Aplikasi inti.
2. Broadcast : Menambahkan MoGraph2.
3. Visualize : Menambahkan Visual
Walkthrough, Advanced Render, Sky, Sketch dan Toon, pertukaran data, kamera
yang cocok.
4. Studio : Paket Lengkap
BAB III
PEMBAHASAN DAN
HASIL
3.1
Pembuatan Cerita
Animasi Serangan Zombie menceritakan tentang seseorang
yang ingin keluar dari stasiun bawah tanah, namun pada saat keluar sudah banyak
zombie yang berkeliaran hingga kota pun sudah dipenuhi dengan zombie.
3.2 Proses Pembuatan
Langkah – langkah
pembuatan akan dijelaskan pada sub bab berikut :
3.2.1
Wall, Floor, Roof, Stair Mesh
1.
Pembuatan
mesh menggunakan basic object dari unreal engine 4 yaitu "cube"
2.
kemudian
scale cube tersebut
3.
masukkan
material pada cube teersebut
3.2.2 Wall,
Floor, Roof , Stair Material
3.2.2.1
Materal Function Wall
1. Pembuatan
material menggabungkan beberapa texture dan menghubungkannya dengan Material
Function yang akan disipan sebagai material
2. Settingan
pada material wall :
a.
Material
Domain = Surface
b.
Blend
Mode = Opaque
c.
Shading
Model = Default List
3.2.2.2 Material Function Floor dan Roof
Settingan Material
Function Floor dan Roof:
1.
+1 array elements = Misc
2.
Primitive Type = TPT Sphere
3.
Orbit Pitch = -35
4.
Orbit Yaw = -180
3.2.2.3 Material Function Stair
1.
Material Domain = Surface
2.
Blend Mode = Opaque
3.
Shading Model = Clear Coat
3.2.3
Night Scene
3.2.4 Character Creation
1.
Assemble bagian head, torso, leg dan arm.
2.
Setelah melakukan assemble, lakukan perubahan pada karakteristik
pada tab customize.
3.
Setelah selesai lakukan export model as obj.
3.2.5
Animated Character
1.
Insert character yang sudah dibuat tadi
2.
Lakukan binding pada karakteer tadi
3.
Adjust movement pada bagian kepala dan juga tangan
4.
Klik add walk button
5.
Setting stride untuk merubah langkah pada karakter
6.
Setting lift
7.
Save dan export
3.2.6 AI Movement
1.
Export karakter beserta skeletal mesh
2.
Insert nav mesh bound volume
3.
Scale sesuai map
4.
Tekan P untuk melihat moveent area yang akan dilakukan ai
5.
Insert nav modifier volume untuk membatasi movement ai pada area
tertentu
3.2.7 AI
Character Blueprint
3.2.8 Actor Blueprint
1.
Pada bagian viewport tambahkan flash light, dan juga particle
system dust
2.
Insert variable bertipe boolean dan beri nama flashlight on dan
sprint
3.
Insert variable bertipe float dan beri nama sprint speed dan
walk speed
4.
Insert variable tadi dan masukkan pada tab blueprint
5.
lalu gabungkan node - node tersebut
3.2.9 Matinee
1.
Add matinee(legacy)
2.
Add new camera group
3.
Scale waktu yang diinginkan
4.
Ubah posisi bar hitam ke awal matinee, kemudian add key
5.
Ubah posisi bar hitam ke akhir matinee, kemudian add key
6.
Ubah posisi camera actor untuk mendapatkan cutscene
7.
Add new director group
8.
Pilih director group tadi dan tekan Enter
9.
Pilih opsi movement dan ok
10. Open level blueprint
11. Insert TriggerBox pada
map dan lakukan scale
12. Sambungkan node pada
blueprint
3.2.10 Text Based Actor
1.
Add component billboard
2.
Add sub component textrender
3.
Ubah text dan juga text render color
3.3
Hasil
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan dan Saran
4.1.1 Kesimpulan
Berdasarkan
hasil uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa Animasi Serangan Zombie dibuat
dengan objek 3 dimensi dan Animasi Serangan Zombie dibuat dengan menggunakan
aplikasi Unreal Engine 4,
Radeon Relive, Movavi Video Editor 14 Plus, Fuse, Zbrush, Maya 3D dan Cinema
4D. Diharapkan dengan animasi ini dapat menghibur yang menyaksikannya.
4.1.2 Saran
Saran untuk
pengembangan Animasi Serangan Zombie antara lain :
1. Untuk pengembangan kedepan ditambahkan alur cerita agar lebih
menarik.
2. Untuk proses edit animasi diperlukan hardware yang mendukung
agar tidak terjadi error.
Sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=WFI1VBSESe8 (Character Animation
Walk Cycle)
https://www.youtube.com/watch?v=mikG9ZuM2gY (Blended Material)
https://www.youtube.com/watch?v=DN6d1nx2yVE (Matinee Tutorial)
https://www.google.com (random texture)
Comments
Post a Comment